Ringkasan Materi UN SBMPTN Biologi : Materi Genetik

Assalamualaikum Wr Wb Kali ini kami akan membagikan ringkasan materi biologi tentang genetika. Kami merangkum dalam berbagai sumber dan khusus untuk materi UN dan SBMPTN
Semoga bermanfaat.

Kromosom merupakan benda halus yang berbentuk lurus seperti batang atau bengkok yang terdapat pada inti sel.

Struktur kromosom
Kromosom dapat dibedakan menadji 2 bagian, yaitu
1. Sentromer, yaitu titik melekatnya kromatin
2. Lengan (badan kromosom), teridir dari selaput yang membungkus lengan, didalamnya terdapat matriks berupa cairan bening yang mengisi seluruh bagian serta kromonema yang terendam di dalam matriks.

Bentuk Kromosom
Berdasarkan letak sentromernya,
1. Metasentris, letak sentromer ditengah sehingga kromosom terbagai menjadi 2 lengan sama panjang seperti huruf V.
2. Submetasentris, letak sentromernya mengarah ke salah satu ujungnya, sehingga kromosom terbagi atas 2 lengan yang tidak sama panjang seperti huruf J.
3. Akrosentris, letak sentromernya di dekat ujung kromosom, sehingga kromosom terbagi menjadi 2 lengan yang satu pendek dan satu lainnya panjang.
4. Telosentris, letak sentromernya di ujung, sehingga kromosom hanya terdiri dari satu lengan saja dengan berbentuk lurus seperti batang.

Tipe Kromosom
1. Autosom (kromosom sel tubuh), kromosom yang tidak menunjukkan jenis kelamin sehingga pada individu yang sama baik jantan maupun betina jumlahnya sama. Pada manusia sel tubuhnya berjumlah 46 buah, 44 diantaranya adalah autosom.
2. Seks Kromosom, kromosom yang menunjukkan perbedaan pada jenis kelamin. Manusia dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kromosom X dan kromosom Y. Dari 46 buah sel tubuh, 2 buah lainnya adalah kromosom seks.

Perempuan normal
= 22 AA + XX
Laki laki normal
= 22 AA + XY

DNA
Gen terdiri dari DNA sebagai pembawa informasi genetik dari satu generasi menuju generasi berikutnya.

Struktur DNA
1. Gula
2. Fosfat, berfungsi sebagai penghubung dan pengikat molekul gula.
3. Basa Nitrogen
Pirimidin : sitosin (S) dan timin (T)
Purin : adenin (A) dan guanin (G)

Replikasi DNA
1 unit rantai ganda DNA akan menghasilkan 2 unit rantai ganda DNA yang sama persis. Enzim yag berperan dalam replikasi DNA :

1. Enzim helikasi, berfungsi sebagai membuka rantai DNA induk
2. Enzim primase, berfungsi sebegai merangkai nukleotida untuk membentuk DNA baru
3. Enzim ligase, berfungsi sebagai menyambung rantai tunggal nukleotida.

Dikenal ada 3 macam replikasi DNA yaitu :
1. Konservatif, bentuk double helix DNA yang lama akan tetap dan langsung membentuk yang baru
2. Disersif, double helix akan terputus putus, dan selanjutnya segmen tersebut akan membentuk segmen untuk menyusun DNA baru
3. Semikonservatif, dua pita spiral dari double helix memisahkan diri dan setiap pita akan mencetak pasangannya yang baru.

Struktur DNA dapat dilihat pada gambar berikut :



RNA/ARN

Molekul ARN (Asam Ribonukleat) berbentuk pita tunggal atau pita dobel namun tidak berpilin (merupakan suatu polimer asam nukleotida). Tiap ribonukleotida terdiri dari gula pentosa (D-ribosa), molekul gugus fosfat dan sebuah basa nitrogen. Basa timin dari golongan pirimidin tidak terdapat dalam ARN melainkan digantikan oleh basa urasil (U).
A.   Struktur RNA
Struktur RNA berbeda dengan DNA, RNA merupakan rantai tunggal polinukleotida. Tiap ribonukleotida terdiri dari 3 gugus molekul, yaitu gula 5 karbon (ribosa), basa nitrogen yang terdiri dari basa purin yang sama dengan DNA sedangkan pirimidin berbeda (yaitu sitosin dan urasil) dan gugus fosfat. Basa purin dan pirimidin berikatan dengan gula ribosa membentuk nukleosida atau ribonukleosida. Ribonukleosida yang berikatan dengan gugus fosfat membentuk nukleotida atau ribonukleotida.

B.  ARN genetik dan ARN non genetik
ARN genetik dimiliki oleh beberapa virus seperti virus mozaik tembakau, virus influensa, virus kaki dan mulut dan juga dimiliki oleh bakteriofag. Virus-virus tersebut tidak memiliki ADN sehingga ARN merupakan molekul yang membawa informasi genetik seperti ADN, sehingga ARN-nya disebut sebagai ARN genetik. Pada makhluk hidup dimana keterangan genetik terdapat dalam ADN maka ARN-nya disebut sebagai ARN non-genetik



Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Apabila ada pertanyaan dapat ditanyakan dibawah..

Tag lainnya

Pendalaman materi biologi
Materi UN
Materi UN Biologi
Materi UN SMP SMA
Materi SBMPTN
Ringkasan materi biologi
Rangkuman materi biologi
Materi tentang enzim
Materi tentang Metabolisme
Makalah tentang enzim dan metabolisme
Pengertian, sifat, macam, fungsi, dan struktur
0 Comments for "Ringkasan Materi UN SBMPTN Biologi : Materi Genetik"

Back To Top